Kesehatan

MENGENAL PENANGANAN WHIPLASH; CIDERA LECUTAN YANG MEMBERIKAN KESAN TIDAK NYAMAN 

Penanganan whiplash – setiap orang tentu sepakat bahwa cidera sekecil apapun harus ditangani dan diatasi dengan cara-cara yang cepat dan tepat. Dengan pola penanganan seperti ini, cidera akan dengan cepat sembuh dan si penderita akan dengan cepat melakukan aktivitasnya kembali.

Lain halnya jika penanganan cidera dilakukan dengan lambat dan sembarang, cidera yang harusnya bisa sembuh dengan cepat justru penyembuhannya akan terhambat.

Pun dengan whiplash; cidera lecutan. Penanganan whiplash haruslah dilakukan dengan cepat dan tepat. Penanganan yang demikian akan memungkinkan penderita bisa sembuh dengan cepat. Penanganan yang demikian pula memungkinkan penderita bisa terbebas dari beragam resiko komplikasi.

Ya, sebagaimana cidera pada umumnya; cidera lecutan juga memiliki komplikasi. Komplikasi cidera ini jelas sangat membahayakan; karenanya, harus benar-benar ditangani dan dicegah dengan cara-cara baik.

Tidak sulit menangani cidera lecutan. Anda bisa menangani cidera ini dengan mandiri atau melalui praktisi kesehatan.

Tentu, penanganan dengan praktisi kesehatan memungkinkan Anda sembuh dengan lebih cepat. Rasa sakit yang Anda derita pun bisa dengan mudah  hilang. Dokter akan memberikan Anda obat pereda nyeri, dengan begitu, rasa sakit yang timbul karena cidera ini bisa dengan mudah Anda atasi.

Selain penanganan yang melibatkan dokter, cidera lecutan juga bisa ditangani dengan pola mandiri.

Dikutip dari hellosehat.com, melakukan penanganan dengan pola mandiri memungkinkan penderita memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan penanganan. Di samping itu, dengan penanganan mandiri pula, penderita bisa memangkas biasa pengobatan yang, ya, bisa terbilang relatif besar.

Nah, yang menjadi pertanyaan kemudian adalah; bagaimana penanganan whiplash secara medis? Bagaimana pula penanganannya secara mandiri?

Untuk tahu lebih jelas mengenai kedua hal di atas, Anda bisa simak pembahasannya pada uraian berikut.

PENANGANAN WHIPLASH SECARA MANDIRI; PENANGANAN CIDERA YANG MINIM BUDGET 

Pada dasarnya whiplash adalah cidera pada umumnya. Dan sebagaimana cidera umum, Anda bisa menangani masalah ini secara mandiri. Tapi dengan catatan, kondisi cidera Anda sudah cukup bisa diajak untuk beraktivitas dan melakukan penanganan.

Sebab bila tidak, ada baiknya Anda menyerahkan kondisi Anda pada dokter. Biarkan mereka menangani cidera Anda dengan lebih leluasa.

Nah, mungkin Anda akan bertanya begini; seperti apa kondis yang tidak dimungkinkan tersebut? Dikutip dari doktersehat.com, secara umum, kondisi yang tidak dimungkinkan adalah kondisi di mana Anda sudah tidak mampu melakukan penanganan secara mandiri. Sebut saat badan Anda tidak bisa digerakan. Atau saat Anda kehilangan kesadaran.

Saat kondisi ini terjadi, Anda dianjurkan untuk menyerahkan seluruh perawatan dan penanganan pada pihak medis.

Tapi jika kondisi Anda masih baik. Maksudnya masih bisa menangani penanganan ini sendiri, Anda bisa melakukan perawatan dan penanganan berikut:

  1. Memberikan kantung es pada area tubuh yang terasa nyeri
  2. Memberikan tubuh untuk beristirahat total
  3. Mengonsumsi obat pereda nyeri
  4. Mengkondisikan posisi dan area tidur agar nyaman dan tidak mengganggu proses penyembuhan.

Sekilas itulah beberapa metode penanganan mandiri. Penanganan ini bisa Anda lakukan dengan tanpa pertolongan medis.

PENANGANAN WHIPLASH SECARA MEDIS; PENANGANAN PALING EFEKTIF DAN DIANJURKAN 

Pada kondisi di mana Anda tidak bisa melakukan penanganan secara mandiri, Anda dianjurkan untuk melakukan penanganan dengan melibatkan tenaga medis. Tentu saja penanganan ini dianjurkan karena dilakukan oleh orang yang bergelut di bidangnya.

Pada penanganan ini, Anda akan diberikan beberapa treatment. Adapun treatment yang dimaksud di antaranya adalah:

  1. Diberikan kantung penyanggah pada leher;
  2. Diberikan obat pereda nyeri;
  3. Diberikan diagnosis dan tes medis untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi.

Itulah beberapa penanganan whiplash. Beberapa penanganan di atas mungkin terkesan sederhana dan konversatif. Tapi pada praktiknya, itulah yang akan dilakukan saat Anda mengalami cidera ini.

Tinggalkan Balasan

Comment
Name*
Mail*
Website*